Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Apakah Kampusmu Sudah Sesuai Ekspektasimu? Ini Data ...

Apakah Kampusmu Sudah Sesuai Ekspektasimu? Ini Data ... Akreditasi Jurusan Kampus Swasta di Malang Dipertanyakan (4) Apakah Kampusmu ...

Apakah Kampusmu Sudah Sesuai Ekspektasimu? Ini Data ...

Akreditasi Jurusan Kampus Swasta di Malang Dipertanyakan (4) Apakah Kampusmu Sudah Sesuai Ekspektasimu? Ini Data Peringkatnya Ilustrasi kampus. Kampus menjadi ruang pencetak lulusannya menjadi unggul dalam perilaku dan persaingan terbuka. (Istimewa) Ilustrasi kampus. Kampus menjadi ruang pencetak lulusannya menjadi unggul dalam perilaku dan persaingan terbuka. (Istimewa)

MALANG TIMES - Tentunya, setiap mahasiswa yang kini menimba ilmunya di berbagai universitas swasta di Jawa Timur (Jatim) memiliki ekspektasi tinggi terhadap kualitas pendidikan yang didapatkannya.

Terutama dalam era pasar bebas MEA, dimana hasil pendidikan menjadi indikator penting untuk menatap masa depan para mahasiswa.

(Baca Juga : Prodi Grade A Dapat Prioritas Kerja, Kampus Di-deadline Setahun Update Akreditasi)

Perubahan kebutuhan dalam pasar dan masyarakat terhadap universitas swasta semakin komplek dan tentunya membutuhkan status yang terpercaya. Baik dari sisi tata kelola kelembagaan dan kerjasama, pendidik dan tenaga kependidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pembelajaran dan kemahasiswaan. Keempat indikator tersebut adalah syarat bagi penilaian suatu universitas swasta atau kampus, bisa dikatakan unggul dan tidaknya.

Empat syarat ini juga yang dijadikan dasar di lingkungan Kopertis Wilayah VII Jatim, dalam memberikan Anugerah Kampus Unggul (AKU) tahun 2016. Pemberian AKU yang dilakukan setiap tahun oleh Ristek Dikti ini diharapkan dapat memacu Perguruan Tinggi (PT) untuk meningkatkan kinerja dan prestasinya dalam mengelola dan melaksanakan Tridharma PT sehingga menghasilkan lulusan yang siap menghadapi persaingan global.

Akreditasi Kampus Swasta di Malang Dipertanyakan (4)

Lantas di peringkat berapa universitasmu menurut Ristek Dikti Kopertis Wilayah VII Jatim tahun 2016? MalangTIMES menyuguhkan 10 PTS di Jatim dari total sejumlah 82 universitas yang ada.

Urutan pertama dipegang oleh Universitas Muhammadiyah Malang dengan nilai 758,43 yang disusul oleh Universitas Kristen Petra (662,02). Di urutan ketiga ada Universitas Surabaya (590,72), Universitas Katolik Widya Mandala (582,33) dan Universitas Islam Malang dengan nilai 520,33.

Urutan keenam diraih oleh Universitas Merdeka Malang (518,13) diikuti Universitas PGRI Adi Bua na Surabaya (512,18) dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan nilai 503,11. Urutan kesembilan dipegang oleh Universitas MUhammadiyah Jember (491,75) dan di urutan kesepuluh ada Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (483,99).

Sepuluh universitas swasta tersebut di tahun 2016 membukukan dirinya sebagai PTS Unggulan melalui empat indikator penilaian yang ditetapkan. Selain tentunya, mengutip Koordinator AKU di lingkungan Kopertis Wilayah VII Prof Suprapto, penilaian ini memiliki nilai pengurang yang dambil dari ketidaktaatan azas PTS terhadap kaidah-kaidah akademik. “Konflik Internal dan Eksternal pun jadi nilai pengurang dalam AKU,” tulisnya.

Untuk status institut, peringkat pertama AKU diraih oleh Institut Teknologi Nasional Malang dengan nilai 499,66. Menyingkirkan 13 Institut lainnya yang ada di Jatim, seperti Institut Informatika Indonesia Surabaya, IKIP Budi Utomo dan lainnya.

Sementara, kategori Sekolah Tinggi, juaranya adalah STIE Perbanas Surabaya yang diikuti STIE Indonesia Surabaya dan ketiga adalah STIE Malangkucecwara Malang. Kategori Sekolah Tinggi di Jatim ini diikuti 142 unit.

Di politeknik yang terdiri dari 12 unit ini, Politeknik Ubaya menduduki peringkat pertama. Diikuti Politeknik Kota Malang dan di bawahnya ada Politeknik Majapahit Mojokerto.

Prestasi tersebut berpengaruh besar dalam penentuan kelompok PTS yang ada di Jatim. Dimana ada tiga kelompok yang disesuaikan dengan nilai dalam predikat PTS. Yaitu PTS Kelompok Utama dengan nilai Antara 456,59-758,43, Kelompok Madya (175,61-456,58) dan yang terakhir Kelompok Pratama dengan nilai 55,99-175,60.

< /tr>
Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha
  • Gebyar Festival Pantai Terbesar
  • Kemunduran Sepak Bola Malang Raya
  • Geliat Perjudian Balap Liar di Kota Malang
  • Geliat Bisnis Mode Anak Muda di Malang
  • KPK Geber Pemeriksaan di Kota Malang
Tour AirAsia ← Berita Sebelumnya Prodi Grade A Dapat Prioritas Kerja, Kampus Di-deadline Setahun Update Akreditasi
  • Gedung UKM di Universitas Brawijaya Malang (UB) (Foto : Ajeng Mutiara Tomy/MalangTIMES)

    MABA Wajib Tahu 4 Hal Sebelum Memilih UKM yang Tepat

  • Padu padan blus kotak-kotak ala fashionista asal Malang Aghnia Punjabi (foto: www.instagram.com/aghniapunjabi)

    Ide Pakai Kotak-Kotak Ala Fashionista Asal Malang

    Fashionista cantik asal Malang Aghnia Punjanbi tampil dalam balutan blus motif kotak-kotak. Dalam unggahan foto ia di Instagram, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang ini memadukan atasan kotak-kotak dengan pashmina warna hitam. Aghnia memadukan deng

  • Lukisan karya Sawir Wirastho seniman Kepanjen yang berbahan ampas kopi. (Nana/MalangTIMES)

    Di Tangan Para Seniman Ini Darah Menstruasi Hingga Kopi Menjelma Jadi Lukisa n Nyentrik

    Lazimnya melukis, bahan dasar yang dipergunakan oleh para seniman adalah cat atau pensil dan sejenisnya. Tapi di tangan para seniman ini, melukis tidak wajib mempergunakan bahan konvensional tersebut.

  • Barongsai. (Foto: Hezza Sukmasita/MalangTIMES)

    Empat Tari di Dunia Sarat Kisah, Tarian Asal Malang Ini Juga Tak Kalah Mengagumkan

    Budaya di dunia sarat dengan cerita dan sejarah. Budaya yang dimaksud tidak hanya berupa ritual-ritual, kebiasaan atau musik

  • Kepala Seksi Kelembagaan dan Kerja Sama Kopertis VII Budi Hasan. (Foto: Istimewa)

    Prodi Grade A Dapat Prioritas Kerja, Kampus Di-deadline Setahun Update Akreditasi

    Terbatasnya kuota perguruan tinggi negeri (PTN) membuat para lulusan sekolah menengah memilih kuliah di kampus swasta. Apalagi, banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang mengeklaim memiliki kualitas sama dengan PTN.

  • Tari topeng bapang malang pecahkan rekor dunia dalam jumlah peserta, yaitu 5.000 penari (dok. MalangTIMES)

    Festival Budaya 2017 Ini Pecahkan Rekor MURI, Topeng Bapang Malang Salah Satunya

    Tahun 2017 berbagai festival budaya dilehat di berbagai daerah. Geliat pariwisata di Indonesia berbaur dengan keberadaan lokal genius kesenian yang terus bertahan. Satu sama lain saling mengisi, untuk mengutuhkan.

  • Infografis

    Dari 55 Kampus Swasta, 33 Belum Terakreditasi, Bagaimana Jaminan Kualitasnya?

    Para mahasiswa tampaknya musti segera mengecek akreditasi kampus dan program studi (prodi) masing-masing. Jika tidak, bisa-bisa ijazahnya 'tidak berharga' saat diajukan dalam seleksi lembaga pemerintahan maupun 'dih argai rendah' di lembaga swasta.

  • Banyak ritual memanggil hujan yang unik di berbagai daerah. Salah satunya di Kabupaten Malang melalui media mengawinkan kucing. (Istimewa)

    Ritual Minta Hujan di Indonesia, Terunik Ada di Kabupaten Malang

    Ritual merupakan budaya bagi suku-suku di Nusantara ini, khususnya Jawa. Berlangsung sejak berabad-abad, ritual dalam masyarakat terus bertahan dalam gempuran modernitas saat ini.

  • ilustrasi

    Ratusan Ribu Mahasiswa Malang Dibohongi Kampus, Jurusan Tak Terakreditasi Tak Bisa Daftar CPNS

    Anda tengah berkuliah di Malang? Bisa jadi anda termasuk ratusan mahasiswa yang 'dibohongi' kampus karena akreditasi jurusan yang tidak jelas. Saat ini, masih ada ratusan jurusan di kampus-kampus Malang Raya yang belum terakreditasi A.

  • Kepala Kanwil DJP Jawa Timur III Rudy Gunawan Bastari saat ditemui awak media. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

    Aturan Baru, Pengawas Pajak Bisa Akses Data Keuanganmu Mulai 2018 Mendatang

    Masyarakat yang masih suka menghindari pe mbayaran pajak mesti segera terbuka. Sebab, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

  • Hasil design anak Malang yang diunggah Rodrigo Ost Dos Santos (screenshoot instagram @ost.rodrigo)

    Rodrigo Ost Dos Santos Apresiasi Design Mahasiswa Malang

    Hasil design karya mahasiswa Malang patut diacungi jempol, karena mampu membuat terkesan pemain asing Arema FC.Pemain asing Arema FC, Rodrigo Ost Dos Santos.

  • foto via google

    Malam Tahun Baru, Polres Berlakukan Car Free Night di Alun-Alun Batu

    Bagi wisatawan yang akan menikmati malam tahun baru 2018 di Alun-Alun Kota Batu bakal bebas dari lalu lalang kendaraan. Sebab pada malam tahun baru 2018 Polres Batu memberlakukan car free night. Dengan demikian, area terebut akan steril dari kendaraan.

  • Kasi Stabilisasi Harga Disdag Kota Malang Asih Siswanti (baju merah muda).(Disdag)

    Permudah Masyarakat Pantau Harga Bahan Pokok, 2018 Disdag Buat Web Khusus

    Tahun depan atau 2018, masyarakat Kota Malang akan semakin mudah dalam memantau harga di pasar-pasar Kota Malang. Pasalnya, Dinas Perdagangan(Disdag) Kota Malang akan membuat sebuah sistem informasi harga segala macam kebutuhan bahan pokok.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com

Sumber: Google News | Koranmu Jawa Timur