Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Ini Cara Majelis Dikdasmen Gresik Tingkatkan Kompetensi Guru ...

Ini Cara Majelis Dikdasmen Gresik Tingkatkan Kompetensi Guru ... suasana pelatihan peningkatan wawasan dan pengetahun guru Dikdasmen PCM Gre...

Ini Cara Majelis Dikdasmen Gresik Tingkatkan Kompetensi Guru ...

Ini Cara Majelis Dikdasmen Gresik Tingkatkan Kompetensi Guru Selama Libur Sekolah - image  on https://www.cakrawala.co
suasana pelatihan peningkatan wawasan dan pengetahun guru Dikdasmen PCM Gresik. (Foto istimewa)

GRESIK, CAKRAWALA.CO â€" Majelis Dikdasmen Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik, Jawa Timur memiliki cara sendiri dalam meningkatkan kompetensi guru dalam jeda waktu liburan sekolah. High Order Thinking SkillsTraining adalah pelatihan yang diikuti guru dalam memberikan wawasan dan pengetahuan. Kegiatan yang laksanakan pada hari Senin, 18 Desember 2017 di Aula SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik tersebut mengambil tema Effective Teachers for Millenial Generation.

Dalam rilis yang diterima cakrawala.co, Ketua Majelis Dikdamen PCM GKB Gresik, Nanang Sutedja mengatakan kegiatan pelatihan peningkatan wawasan dan pengetahuan tersebut merupakan salah satu cara meningkatkan kompetensi guru. “Kegiatan ini adalah bagian dari cara untuk meng-up grade kemampuan/skill,” ujar Nanang Sutedja.

Baca Juga Pelajari Perdamaian, Delegasi Afganistan Kunjungi Aceh

Menurut Nanang, semua guru harus selalu men-drive change mulai dari pengetahuan, karakter, kompetensi, dan wawasan sehingga tercipta positif habist yang nantinya bisa meningkatkan pembelajaran pada peserta didik.

Hal senada juga disampaikan oleh Anis Shofatun, ketua program sinergi kurikulum. Ia menyampaikan kegiatan ini memiliki tujuan utama adalah untuk memberikan bekal metode pembelajaran yang efektif sehingga bisa diaplikasikan dalam mentransfer ilmu pada peserta didik.

Dalam pelatihan tersebut, tim program sinergi kurikulum Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik mendatangkan pembicara yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan sebagai pelatih. Antara lain, Neni Mariana, M.Sc., PhD, Dr. Rahardjo, M.Si., Anwar Holil, M.Pd., dan Dr. Lina Listiana, M. Kes.

Baca Juga Pemkab Lamongan Tambah Porsi Anggaran Madrasah Diniyah

Dalam pelatihan sehari tersebut ini, Dr. Rahardjo, M.Si. memberikan materi Assesment Based HOTS and Literacy. Beliau menyampaikan bahwa guru harus memiliki 3 kata kunci, yaitu cerdas, inovatif, dan kreatif.

“Pembelajaran di zamannow, guru harus atraktif dengan memegang 3 kunci dasar yaitu cerdas, inovatif, dan kreatif,” papar Dosen Unesa, Tim Puspendik Nasional, dan juga pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, di hadapan guru. “Guru harus mampu menjadikan peserta didik yang cerdas, kritis dan kreatif sehingga guru pun harus memiliki kemampuan sama yang lebih tinggi, tentunya. Kuncinya adalahdenganmetodesaintifik, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasi,” tambahnya.

Baca Juga SMAN 1 Pandaan Raih Predikat Sekolah Peduli Lingkungan

Kegiatan yang diikuti guru 4 sekolah, SD Muhammadiyah 1 GKB, SD Muhammadiyah 2 GKB, SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, dan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik ini merupakan agenda rutin Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik dalam memberikan energi positif pada kemampuan atau peningkatan kompetensi. Kemampuan ini salah satunya adalah memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi peserta didik. (Zen)

Bagaimana menurut Anda ?

komentar

Sumber: Google News | Koranmu Jawa Timur