Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Kado Hari Pahlawan Bagi Veteran dan Pejuang R.I. di Ponorogo

Kado Hari Pahlawan Bagi Veteran dan Pejuang R.I. di Ponorogo You are here: Home » News » Kado Hari Pahlawan Bagi Veteran dan Pejuang R.I. ...

Kado Hari Pahlawan Bagi Veteran dan Pejuang R.I. di Ponorogo

You are here: Home » News » Kado Hari Pahlawan Bagi Veteran dan Pejuang R.I. di Ponorogo Kado Hari Pahlawan Bagi Veteran dan Pejuang R.I. di Ponorogo WordPress database error Table './k2450423_wp/wp_postmeta' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SELECT meta_id FROM wp_postmeta WHERE meta_key = '_oembed_2c779fcde401ec60b7628d2fa46fd024' AND post_id = 3756 made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/sahifa/single.php'), the_content, apply_filters('the_content'), WP_Hook->apply_filters, call_user_func_array, WP_Embed->autoembed, preg_replace_callback, WP_Embed->autoembed_callback, WP_Embed->shortcode, update_post_meta, update_metadata WordPress database error Table './k24 50423_wp/wp_postmeta' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SHOW FULL COLUMNS FROM `wp_postmeta` made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/sahifa/single.php'), the_content, apply_filters('the_content'), WP_Hook->apply_filters, call_user_func_array, WP_Embed->autoembed, preg_replace_callback, WP_Embed->autoembed_callback, WP_Embed->shortcode, update_post_meta, update_metadata, add_metadata WordPress database error Table './k2450423_wp/wp_postmeta' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SELECT meta_id FROM wp_postmeta WHERE meta_key = '_oembed_time_2c779fcde401ec60b7628d2fa46fd024' AND post_id = 3756 made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/sahifa/single.php'), the_content, apply_filters('the_c ontent'), WP_Hook->apply_filters, call_user_func_array, WP_Embed->autoembed, preg_replace_callback, WP_Embed->autoembed_callback, WP_Embed->shortcode, update_post_meta, update_metadata WordPress database error Table './k2450423_wp/wp_postmeta' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SHOW FULL COLUMNS FROM `wp_postmeta` made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/sahifa/single.php'), the_content, apply_filters('the_content'), WP_Hook->apply_filters, call_user_func_array, WP_Embed->autoembed, preg_replace_callback, WP_Embed->autoembed_callback, WP_Embed->shortcode, update_post_meta, update_metadata, add_metadata WordPress database error Table './k2450423_wp/wp_postmeta' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed for query SELECT post_id, meta_key, meta_value FROM wp_postmeta WHERE post_id IN (2700 ) ORDER BY meta_id ASC made by require('wp-blog-header.php'), require_once('wp-includes/template-loader.php'), include('/themes/sahifa/single.php'), the_content, apply_filters('the_content'), WP_Hook->apply_filters, call_user_func_array, wp_make_content_images_responsive, wp_get_attachment_metadata, get_post_meta, get_metadata, update_meta_cache

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Begitulah kata Bung Karno, bapak proklamator sekaligus presiden pertama RI. Sudah sepantasnya kita sebagai warga negara menghargai para pejuang yang ikut andil dalam mewujudkan kemerdekaan indonesia ini. karena sumbangan keringat dan semangat merekalah indonesia ini merdeka, yang sampai saat ini kita nikmati kemerdekaanya.

Oleh karena itu pada hari Sabtu, 25 November 2017 LAZISMU Ponorogo melakukan kunjunga n ke 3 orang pejuang RI, yaitu memberikan “KADO HARI PAHLAWAN UNTUK VETERAN DI PONOROGO”. Beliau pejuang (Veteran) adalah: Mbah Sihman Hadisoemarto (93th), Mbah Sarni (87th), dan Mbah Sumani (99th).

Kunjungan kami yang pertama, yaitu ke rumah kediaman Mbah Sihman Hadisoemarto. Dalam silaturahmi ini beliau bercerita bagaimana perjuangan beliau dulu dalam melawan penjajah dan sekutu. Beliau juga bercerita pernah ikut dalam penumpasan G30S PKI pada tahun 1965 di ponorogo, dan juga ikut dalam kesatuan laskar hisbulloh di ponorogo tahun 1945.

Dalam cerita sejarah yang beliau sampaikan banyak sekali hal hal yang dapat kami jadikan wejangan dari beliau, seperti semangat yang kuat, pantang menyerah dan rasa nasionalisme yang tinggi. Dan juga salah satu yang membuat beliau semangat yaitu saat mbah sihman ini diberikan wejangan dari gurunya (Hidup nanti kita mulia atau merdeka tapi kalau mati kita surga)

Kunjungan kami yang kedua ialah ke kediaman beliau Mbah Sarni (8 7th), kedatangan kami disambut dengan hangat oleh beliau dan istrinya, saat itu dengan gagahnya beliau mengenakan baret orange dan juga baju kehormatan khas veteran. Beliau bercerita tentang perjuangan yang begitu semangat dalam mewujudkan kemerdekaan, suka duka yang beliau alami saat berjuang dan beliaupun tak lupa berpesan pada kami. Urip iku sing penting jujur, ngibadah sing temenan, apik karo koncone lan berjuang kanggo agomo lan negarane.dari wejangan yang beliau sampaikan begitu wibawa dan kharismatik terpancar dari wajahnya.

Kunjungan kami yang ketiga yaitu ke kediaman Mbah Sumani (99th). Beliau ini adalah salah satu pejuang sebelum kemerdekaan dan setelah kemerdekaan, karna beliau lahir pada tahun 1918 jauh sebelum indonesia merdeka. Kondisi mbah sarni memag sudah sepuh beliau hanya berada di atas tempat tidur, akan tetapi beliau masih seikit banyak ingat tentang sejarah masa silam.

Dalam kunjungan ke rumah mbah sumani, kami di ceritakan sejarah oleh putra beli au. Dalam cerita yang beliau sampaikan mbah sumani ini memang tipe orang yang menjunjung tiggi nasionalisme, banyak sekali perjuangan yang telah mbah sumani sumbangkan untuk bangsa ini.

Kami berharap dengan adanya program “KADO HARI PAHLAWAN UNTUK VETERAN DI PONOROGO ” ini bisa merekatkan silaturahmi dengan para pejuang bangsa, dan juga smoga dengan ini bisa memupuk rasa nasionalis pada jiwa muda kami.

LAZISMU PONOROGO mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang selalu setia dalam mendonasikan ZIS-nya, semoga mendapatkan keridhoaan Allah SWT, diberikan kelancaran rizqi, kesehatan, kemudahan dalam kehidupan, diberikan keturunan yang shaleh dan sholehah dan kita semua selalu berada di dalam lindunganNYA.

Related Articles

Hilman Latief, Ph.D : “Lazismu Sudah Satu hati, Harus Satu Sistem Terintegrasi”

December 21, 2017

Membangun Istana Sauri Dalam Sehari Dengan Program Bedah Rumah di Kabupaten Malang

December 20, 2017

MDMC Jatim Turunkan Relawan Pada Banjir Bandang di Pacitan

November 29, 2017

Gunung Agung di Bali Erupsi, Mari Kita Menggalang Bantuan Untuk Para Pengungsi

November 27, 2017

Drh. Zainul Muslimin : “Lupa, Harus Ada”

November 22, 2017

Andar Nubowo : “Menjadi Amil Yang Tulus dan Selalu Bersemangat Hati”

November 22, 2017

Momen Milad Muhammadiyah ke 105 M / 108 H Untuk Mengapresiasi Imam, Muadzin dan Petugas Kebersihan Masjid di Surabaya

November 19, 2017

Sumber: Lazismu Jatim | Koranmu Jatim